Berapa Biaya Pemasangan Kawat Gigi/Behel?

Berapa Harga Pasang Kawat Gigi Behel.

Mengenai biaya: relatif.

Tergantung bahan yang digunakan, skill atau kemampuan dan reputasi dokter gigi serta area praktik, sejauh mana apresiasi masyarakat terhadap gigi dan mulut, baik dari segi kesehatan-fungsional sampai dengan segi estetik/kosmetik.

Secara umum pesawat kawat gigi/behel masih mahal terutama yang dikerjakan oleh drg Sp. Ort (berkisar antara 7 s/d 12 juta, belum termasuk biaya kontrol lho ya).

drg PPDGS ortho di RSGM di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort (berkisar 3,5 jutaan, belum termasuk biaya kontrol).

Kalau pesawat ortho lepasan boleh dilakukan oleh drg umum, biaya mulai dari 500 ribuan belum termasuk biaya kontrol. Biaya kontrol berkisar mulai dari Rp 75.000 per kunjungan. Sedangkan biaya kontrol dengan drg Sp.Ort berkisar antara 150 ribu s/d 250 ribu, jadi pikir secara matang dulu ya sebelum memutuskan untuk pake behel karena 250 ribu dikalikan 2 atau 3 tahun juga lumayan lho.

Saya pribadi total biaya pemasangan kawat gigi atas bawah beserta kontrol dan keperluan lainnya termasuk biaya pemasangan retainer (penahan gigi=mahal juga lho kisaran 1-4jt) pasca selesainya perawatan selama masa perawatan 4 tahun berkisar di angka Rp. 25jt - 30jt.

Apakah hasilnya 100% memuaskan? jawabannya tidak.
Lalu apakah tidak ada manfaat dan hasilnya? jawabnya tentu ada! tetapi pada kebanyakan kasus, jangan dibayangkan akan simetris indah seperti foto before-after yang selalu dipajang di dinding itu ya.
-yang namanya sudah pake behel kondisi gigi tidak akan pernah bisa kokoh dan kuat seperti dulu lagi (karena tulang penyangga giginya sudah hancur dan pulihnya butuh waktu seumur hidup). Lihat kalo di tv ada orang yang makan buah apel sambil digigit pake gigi depan itu lupakan saja, karena kemungkinan kamu tidak akan bisa seperti itu lagi, semua udah harus hati-hati. Apalagi kalo ikut audisi debus yang narik truk pake rantai dengan gigi itu, tidak bisa ya ingat.
-tidak 100% rapi dan simetris seperti yg di iklankan dan digembar-gemborkan diawal perawatan (padahal sudah sempat gonta ganti spesialis).
-retainer yg sebenarnya harus dipakai seumur hidup karena ada resiko gigi collapse (balik kebentuk semula) kalo tidak pakai retainer, dokter bilang sih 1 tahun cukup pake retainer tapi kenyataannya banyak yang balik lagi setelah bertahun2 kemudian, makanya rugi kalo di copot. Sekedar info kalo diluar negeri mereka rata2 pake retainer lepasan atau yang permanen (yang ditempel dibelakang gigi) itu untuk seumur hidup.
yang dikebanyakan kasus karena sayang udah terlanjur keluar duit banyak tapi malah giginya balik lagi akhirnya dan ujung2 nya ya pasang behel lagi dengan rencana nanti retainernya pasang yg permanen atau komitmen tidak akan lepas retainer, padahal waktu masih jagung dulu dibilang penggunaan retainer hanya cukup 1-2 tahun saja :) (banyak sekali kasus seperti ini). Itu kalo ada duit, kalo ga ada yang legowo saja.

Kalo boleh kasih masukan nih ya:
  1. Pikir masak-masak sebelum memutuskan untuk menjalankan perawatan orthodonti (pake behel), gigi berjejal dikit tidak apa-apa, kecuali sudah parah sekali apa boleh buat.
  2. Jangan sekedar ikut trend atau bahkan dikomporin sama praktisinya, ingat itu gigi gigi anda, efek sampingnya juga ada (keuntungan dan kerugiannya), dipertimbahkan dahulu. Banyak kok artis/aktor hollywood yang giginya tidak sempurna tapi tetap cantik. kalo ga percaya coba liat giginya Anna Paquin (gigi depan renggang), Kristen Dunst (gigi taring berjejal seperti gading gajah) atau Annet Mahendru (sedikit maju). yang lebih penting itu jangan lupa mandi! itu aja kok.
  3. Bahkan Dokter Spesialis Orthodonti pun banyak kok yang giginya tidak sempurna (sedikit berjejal atau gingsul) tapi banyak yang tidak menggunakan behel tuh.
  4. Kalaupun terpaksa harus pasang kawat gigi karena gigi terlalu maju atau berjejal maka jangan pasang sembarangan ditempat yang murah. Gigi itu adalah aset yang berharga jangan buat coba-coba. Kan ada lagunya tuh "harta yang paling berharga adalah gigi anda, mutiara tiada tara adalaaahh gigi anda" hehe.. Memasang kawat gigi secara sembarangan (bukan oleh Sp.Ort) itu sangat bahaya apalagi sama tehniker gigi. Jangan terlalu mahal juga, makanya rajin research atau tanya-tanya dulu.
 
Disini saya tidak bermaksud menjelekkan siapa-siapa, toh saya sendiri pake behel kok full atas bawah sampe selesai oleh Sp.Ort.

Pesan Moralnya ini: Tempuhlah perawatan orthodonti sebagai perawatan medis yang dilakukan jika diperlukan (seperti layaknya perawatan kesehatan lainnya) jangan jadikan sebagai perawatan kosmetik belaka karena menggeser posisi gigi dengan tujuan mendapatkan tampilan estetika yang baik tidak dengan tanpa resiko. Know the Risk, Embracing the Benefits.

INGAT! pasang kawat gigi/behel harus sama Dokter Spesialis Orthodontia (Sp.Ort), jangan sama sembarangan orang...jadi jangan konsul sama tukang teralis ya.
----------------------------------------------------------------------------

Ikuti cara simpel merawat gigi ini yang menurut National Geographic dapat memperpanjang umur kita!

67 comments:

  1. Wah...Thanks banget atas infonya,, sangat membantu sekali dalam hal pemasangan behel,

    ReplyDelete
  2. Bener banget info anda cos aku juga pke behel tp Alhamdulillah hampir 100%aku puas hasill nya
    Meski gak sedikit biaya yg aku keluar kan
    Tpi demi kesehatan soal nya gigiku dah gak bisa buat komprosi sampek bengkak dulu gusiku karna gigu ku tiap thun geser terus yang buat gak rata alhasil tiap makan
    Gigiku benturan ma gusi...

    Buat temen" yg mo psang behel hrus bner" difikir
    Karna pke behel nyiksa. Banget

    ReplyDelete
  3. Waduh, ini maksudnya nakut-nakutin atau bikin orang gak mau pasang kawat gigi. Optimis aja mas.

    ReplyDelete
  4. bener bgt nih, aku juga udah 2 tahunan jalan pasang behel. kurang lebih ya sama seperti tulisan diatas. bukannya nyesel....tapi memang ga semua ada plus nya seperti yg di iklankan...setelah dijalani ya ada minusnya juga.

    tapi udah terlanjur jalan ya di teruskan saja, mosok mau di stop tar gigiku collapse :D

    ReplyDelete
  5. wah di indonesia harganya masih terjangkau walaupun mahal juga ...saya hidup di amerika harga kawat gigi $6000 sampai 8000 dolar kalau dirupiahkan sekitar rp 60 juta rupiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. apple to apple kak, di states pasang behelnya 6k kan standar gajinya juga 3-5k.. di indo pasang behel harga 7-12jt, standar gajinya juga 4-6jt.

      kecuali bisa hidup di indo dengan gaji states...baru enyak!

      Delete
  6. Ak nggak tonggos sih cuma pengen ikut trendy aja

    ReplyDelete
  7. Wah bener tuh gan apa lagi sekarang banyak kasus behel yang berdampak terhadap rongga mulut jadi ngeri ane ngebayangin nya selain itu kata ortu ane kalo pake behel itu haram tapi gk tau iya gk tau boong
    Jempol buat artikel nya
    See you thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. @firman syah : iya haram jika di gunakannya untuk gaya gaya saja sementara gigi nya rapi tidak berantakan tetapi jika digunakan untuk merapikan gigi itu boleh boleh saja :)

      Delete
    2. haram jika untuk membuat menarik atau mempercantik diri, halal buat orang yg giginya ompong atau gingsul karena buat ngilangin aib bukan buat gaya , ini ada hadits nya jg jd really

      Delete
  8. Sama. Q jg hrs pake kawat gigi krn gigi tumbuh berlebihan. Jd oprasi dl br ntr pake kawat utk mngembalikan posisi. Tp q ngrasa males bgt pake kawat. Q sempat mikir apa oprasi aja lgsg ky bongkar mulut gt ala korea2. Hasil permanen. Plg penyembuhan pasca oprasi aja 2minggu. Tp kembali lg harga yg aduhai kurleb 50jt ke atas semua. Rasa2ny pake behel mmg masi lbh trjangkau. Hufff

    ReplyDelete
  9. mengenai gigi saya yang rusak parah bahkan ada yang double saya perlu pemasangan atau memperbaiki gigi ,saya sekarang lagi berjuang kak lagi menabung sampai 6 jt an harga kisaran itu saya dapat ketika 2 tahun yg lalu konsultasi dan cabut gigi dikarnakan saya tidak punya uang pada saat itu sampai sekarang , harga yg skrg saya belum tau entah sampai kapan saya bisa mendapatkan perbaikan gigi saya
    mengenai saya dan untuk semua berikan saran pada saya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kredit bisanya langsung aja kedokteran gigi ortho konsultasi gigi dan ongkos bisa di bicarakan kok asal kita bukan pengangguran hehe

      Delete
  10. Aduh seperti saya gak jadi pasang behel ah, walaupun gigi ku gak bagus, ya gak jelek2 amat juga si. tp dari bacaan ini agaknya menyiksa lahir batin kita dan kantong jg

    ReplyDelete
  11. Wkwkwk baru td pagi orang tua saya bilang "itu giginya kok kelihatan satu, aduh jelek banget, nampaknya perlu dipasangin kawat(?)" saya berpikir boleh juga tuh, 2 gigi seri saya yang di tengah atas agak desak2an jd ada yang agak menyerong. Tapi setelah ketemu artikel ini yaaa hahaha udahlah syukuri aja :) thanks bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget nih,dan bakan hari ini baru aja aku beraniin buat pasang behel dan rasanya ngiluuuu bgt etarik sana sini mau makan ganjel gaenak :(

      Delete
  12. Setuju BANGET sm artikel ini..yg aku alami jg sama kaya cerita diatas..klo ada temen yg nanya2 pasang behel dimana atau enak ga pake behel, pasti lgsg ga aku rekomendasi kan,apalagi klo ga parah2 amat hahaha... pdhal kmrn gigi ku cm ginsul.. dan kata2 temen2/keluarga dekat bagusan gigiku yg ada ginsulnya dulu drpd skrg..

    ReplyDelete
  13. bagi wanita/pria yg punga gigi numpuk2/dobel2 kemungkinan besar karang gigi akan tertimbun di sela2 area gigi dobel2 td.. dr segi medis sebenernya ini bisa jadi fatal dan bahaya apalagi kalo pemilik gigi berantakan dobel2 malas sikat gigi karna bisa meningkatkan resiko karies/gigi berlubang.. nah kalo gigi udah berlubang dibiarkan makin lama lubang makin besar, gigi terasa sakit dan kalo udah kena syaraf kemungkinan gigi itu akan mati & tidak bisa menyerap nutrisi sehingga gigi tersebut bisa saja membusuk.. faktanya banyak org dengan usia muda yg memiliki gigi hanya tinggal akar2 nya saja karena menyepelekan gigi berlubang.. Kalo udah demikian sisa akar tersebut harus dicabut.. klo gigi2 graham sbagian besar tinggal akar smua kalo dicabut ompong dehhh.. :( untuk menggantikan fungsi kunyah bisa dgn cara implan.. biaya implan gigi lebih besar dari perawatan behel /orthodonti.. per gigi kisaran jutaan bahkan bisa sampai puluhan juta..

    bagi pria/wanita yg memiliki gigi berjejal/dobel disarankan melakukan perawatan behel/orthodonti karena lebih banyak nilai positif nya kan..?? gigi akan tertata rapi, kondisi mulut akan lebih sehat, dampak resiko jangka panjang gigi berjejal seperti penumpukan plak(karang gigi) / resiko gigi berlubang bisa berkurang..
    Dan yg pasti pria/wanita yg telah menyelesaikan perawatan orthodonti (behel) selama 2-4 tahun akan lebih "Percaya Diri" menyebarkan senyuman karna gigi nya udah rapi & rataa.. :D
    Lebih PD tersenyum ketika interview saat mencari kerja..
    Lebih PD tertawa ketika "nge-gebet" seseorang yg disukai..
    Lebih PD tersenyum lebar keliatan gigi ketika foto..
    intinya Lebih PD menjalani hidup bersosialisasi dgn banyak org..
    pernah denger kan "Senyum itu ibadah".. ayok senyummmm jgn ditutup2in gigi nya.. :D

    Bagi yg punya gigi berjejal, sulit mengunyah atau memiliki kondisi bermasalah dengan gigi & rahang mungkin perlu melakukan perawatan orthodonti (behel)..
    Tp ini bukan keharusan dan jangan dipaksakan,, jika memiliki rezeki lebih gk ada salahnya untuk memperbaiki susunan gigi untuk mendapatkan nilai2 positif nya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stujuuu, gigi depan ku udah keropos ada item" nya gitu, mau gamau harus pasang behel :( . Im getting mine tomorrow , 😢

      Delete
  14. Duh jadi ngeri nih mau pasang behel.rencana gue mau pasang krn gigi gue gak rata alias jarang-jarang kalo. Gingsul sih gak sebenernya.kira2 berapa ya biaya kalo cuma bagian atas doank.kasih masukan donk temen-temen?

    ReplyDelete
  15. Umm,kalau gigi depan atas renggang gmn itu?apa bisa pasang kawat?padahal dari kecil gigi aku rapi,menginjak umur 20+ mulai menampakkan kerenggangan gigi :( aku malu sbg cwek. Mhon bantuannya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa setau aku, nanti pake kawat yg tarik kalo gasalah ya.

      Delete
  16. Waaa jadi ngeri. Gigi aku berantakan:(yg atasnya miringmiring + ada gingsul. Td nanya ke dokter ortho, pemasangannya 8jtrupiah. Lumayan mahal:( kasian sama orang tua. Walauoub uangnya ada, tl teteo aja gatega

    ReplyDelete
  17. Kalo Aku si renggang..,dibbgian atasnya...
    JadI kliatan Kya ompong Gtu Pdahal Mah renggang..
    Saya hrus pke behel APA retainer yah..
    Bingung...

    ReplyDelete
  18. Kalo Aku si renggang..,dibbgian atasnya...
    JadI kliatan Kya ompong Gtu Pdahal Mah renggang..
    Saya hrus pke behel APA retainer yah..
    Bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Behel ajaa:) retainer kl g slh buat pertahanun posisi gigi deeh:)mf kl slah

      Delete
  19. Mau masang behel nih , tempat yg bagus dan ga terlalu mahal dmn ya, yg ga murahan jg , yg uda terjamin aman lahh pokoknya. Tolong infonya yaa , thnks.

    ReplyDelete
  20. Oiya bagi yg tau yg pngen kasih infonya langsung tulis lokasi atau alamat lengkapnya yaa, tengkiu bgt lahh skali lg

    ReplyDelete
  21. Gigi ku dulu ga rapih banget, ada yg ke atas lah ada yg ke bawah lah ada juga yg gingsul lah. Dan thun kemaren aku dibehel kan sampe sethu, bulan kemarin aku baru dicoppot behel nya. sharusnya pake bracket/rentainer kan sdangkan aku ga pake, dan alhasil gigi aku mulai bergeser, aku mau pake tapi itu info dari kmu ngga ada hasil nya bener apa engga? Jadi percuma dong kalo aku pake rentainer juga? Sampe skrg keppikiran terus karna gamau balik lagi gigi nya kaya dulu.Please responded yaa :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat berikut ini bukan dari seorang profesional, jd mohon diabaikan.
      1. 1 tahun sepertinya terlalu dini untuk kategori "gigi yang ga rapih banget"
      2. setelah dilepas behelnya memang wajib pakai retainer, kenapa engga mau?
      3. silahkan dibaca ulang artikelnya secara menyeluruh, kesimpulannya bukan tidak ada hasilnya pake behel

      note: kalo tidak mau bergeser lebih banyak memang harus pakai retainer, tp untuk membalikkan keadaan seperti H+1 sejak behel dilepas sepertinya tidak mungkin kecuali pasang behel dari awal lagi.

      tidak memakai retainer seteleh pelepasan behel adalah langkah yang kurang tepat sis

      Delete
  22. Dokter cilacap dokter gigi tolong kalau ada yang tau alamatnya

    ReplyDelete
  23. Sekadar informasi teman2 (karena saya kebetulan adalah dokter gigi yang sedang mengambil gelar spesialis orthodonti di fkg ui), spesialis orthodonti tidak pernah memasang behel hanya atas saja atau bawah saja. Karena untuk menggerakkan gigi diperlukan koordinasi gigi atas dan bawah sehingga hasil gigitannya bagus. Pemeriksaan yang dilakukan pun cukup komprehensif (xray panoramik dan cephalometrik serta pencetakan rahang) sebelum behel anda dipasang. Jadiiii, tdk langsung asal pasang behel dikunjungan pertama :)

    Saya setuju sekali, jangan pernah dirawat behel jika kondisi anda tidak memungkinkan, misalnya akan ada rencana keluar kota dalam setahun atau 2 tahun kedepan, termasuk juga biaya. Karena perawatan behel adalah sebuah komitmen jangka panjang yang harus dipikirkan masak2 mengingat ada kontrol setiap bulan. Kalau waktu kontrol dilewat lewat, bisa jadi kondisi gigi anda tambah parah (karena gigi berlubang akibat jarang dibersihkan) atau juga perubahan yang diinginkan tidak didapatkan secara signifikan.

    Untuk perawatan behel bisa didapatkan di rsgmp fkg ui dari senin - jumat jam 7-1 ya. Ada baiknya dengan perjanjian mengingat daftar tunggu yang panjang. Selain itu, pemasangan behel baru bs dilakukan setidaknya sebulan setelah pemeriksaan awal mengingat prosedur yang harus kami lewati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemasangan behel di rsgmp fkg ui berapa yaa? Terus kalo kontrol berarti juga harus kesana ya? Atau ada klinik pribadi dari drg disana? Terimakasiihhhh

      Delete
    2. Saya sdh hampir 2th pasang kawat gjgi. Tetapi hanya bagian atas saja. Saya jg melakukan xray dan pencetakan rahang. Apakah dokter gigi saya bkn sp orth? Haruskah saya ganti dokter?

      Delete
    3. Saya pasang behel sudah hampir 2th.dan hanya bagian atas saja. Saya jg melakukan xray dan pencetakan rahang ketika awal memasang. Apakah dokter saya bkn sp orth? Haruskah saya ganti dokter?

      Delete
  24. Saya dulu mau pasang behel jg,datang ke orthodonti sekaligus dokter langganan keluarga jg.. Dia gak mau membehel gigi saya gara2 gigi saya gk perlu2 amat bwt di behel,cuman karena gingsul doank..
    Sama kayak cerita di atas,sang dokter cerita byk soal dampak yg akan saya terima setelah di behel.. Alhasil sampai skrg sy bersyukur aja deh punya tampilan gigi kayak gini.. Yg ptg sehat.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jarang2 ya sis ada dokter yg begitu (baca= nolak duit) hehe. aku dulu nemenin kakakku cabut gigi aja langsung ditawarin behel, sempet kepikiran mau sih tp ya mahal dan akhirnya ga jadi sayang duitnya hehe.

      Delete
  25. Kak, aku consult sama sp.orth katanya harus menyiapkan biaya sekitar 19 jt . Gmn tuh .. kasih solusinya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba konsul ke klinik lain sis, kan banyak. misalnya di ladogi. kalo utk pemasangan awal udah 19 jute mungkin mahal ya (bagi sy yg org kecil), belum lagi biasa perawatannya.

      19 jeti kalo dibeliin beras jd brp karung yaa...

      Delete
    2. Wah mahal banget kalau dokter ku cuma 5-6 jt an di Depok Jln toleh Iskandar tepatnya di perumahan gema pesona . Namanya dokter sasi enak banget buat konsultasinya juga. Baik banget pokoknya.



      Tulisan di atas memang betul ada plus minusnya .Bulan depan aku mau copot behelnya dan bikin rentainer .pake behel dua tahun setengah alhamdulilah dah rapi .

      Delete
  26. Apakah rahang bawah yg lebih maju dr rahang atas bisa dgn menggunakan kawat dr dokter orthodontik?
    Note : rahang bawah maju tidak ad keturunan genetik , hny kebiasaan buruk sewaktu masa pertumbuhan , usia ku 18th

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy gak berwewenang buat menjawab itu, harus konsul ke Sp. Ort.

      yg sy tau nih, fungsi pemasangan behel yg paling basic dan utama adalah utk memperbaiki sistem pengunyahan.

      kalo dari segi perubahan estetika harus nanya sama ahlinya, dan biasakan juga cari second opinion ya.

      Delete
  27. Jadi kesimpulannya gimana ne yg udah pake behel, biar ga kembali ke posisi gigi awal? Apa harus pake retainer seumur hidup?

    ReplyDelete
  28. bisa rapi selamanya gk ggi kita pake behel

    www.ide-ide-unik.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  29. Bisa rapi selamanya gak gigi pake behel

    ReplyDelete
  30. Saya mau nanya kalo kikir gigi itu tarifnya kira kira brapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kikir kemungkinan 200-300-500 an coba konsultasi aja dulu ke dokter gigi .

      Delete
  31. Gigi ku ngga begitu rapi, jadi kaya bergelombang gitu. Lebih baik langsung pakai retainer aja/ dibiarkan?

    ReplyDelete
  32. Gigi ku ngga begitu rapi, jadi kaya bergelombang gitu. Lebih baik langsung pakai retainer aja/ dibiarkan?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Dari komen" diatas menyarankan setelah lepas kawat harus pakai retainer, nah yg aku tanyakan kalau pakai retainer apa juga harus kontrol?
    Soalnya aku baru mencari tahu tentang perbehelan gigi, jadi gak begitu ngerti. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kontrol harus tapi tiga bulan sekali gak kaya dulu pake kawat kan harus tiap bulan.

      Ya ku tahu gtu kata dokter ku .

      Delete
  35. Pemasangaan kawat gigi gaada yg 2-3 jutaan ya? Mau bgt pasang tp mahal bgt😖

    ReplyDelete
  36. Aku psang behel di drg bawah doank 2,5
    Ada juga klo mau atas bawah 4 jt
    Di daerah jakarta utara

    ReplyDelete
  37. Saran dong bpk2/mbk2.
    Saya memiliki 1 gigi gingsul, memang benar kalo tersenyum jadi kurang pd, saya lagi mencari2 info seputar behel ini, pengen di behel aja, gapapadeh waktu ditempuh sampe max 3 tahun.
    Yg mau saya tanyakan, berapa ya busget yg harus saya siapkan untuk semua? Dari mulai cabut gigi buat ruang gigi gingsul nya, sampe pemasangan behel bagian atas saja dan lain2 ?
    Ohiya apakah kalo pake behel itu wajib kontrol sebulan sekali ?
    Mohon dijawab bagi yang tahu, soalnya ane mau mengumpulkan budget nya dlu.
    Bukannya kurang bersyukur, tapi ane merasa gingsul ini bener2 aib, saya jadi di anggap cuek bgt karna jarang tersenyum ��
    Tolong ya gan, di email aja jawabannya ke email ane biar ane tau kalo pertanyaan ane ini sudah dijawab. Terima kasih.
    Email: hasanpauzi@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Hi,Gigi q g rata bagian depannya msuk kdlm dua Gigi,dlu wktu kcil Gigi mau copot tp takut mau cabut smpe Gigi yg baru udah nongol ,jdi nya Gigi tu msuk JD bgian Gigi depan kyak ompong krna cuma 2 Gigi ITU yg k dalem,,sya pngen bgt buat perawatan behel tp takut,heehee Klo mau pasang behel kan d bersihkn dlu y giginya ITU plus bleaching Gigi g y? Heehee tlg d Bantu tmn2,, mksh y slam knal SMUa,,

    ReplyDelete
  39. Kak gigi saya gingsul ada 2, terus gigi depannya juga agak maju kaya gigi kelinci versi ga rapi. Kira-kira kalo kondisinya kaya gini harus make behel atau ga ya?

    ReplyDelete
  40. Bisa ga sih hanya pasang behel di gigi2 bawah saja?mohon penerangannya, terima kasih

    ReplyDelete
  41. Ada yg recomended dr.sp.ort di denpasar engk?

    ReplyDelete
  42. Untuk sekarang harga pasang kawat gigi berapa kak?

    ReplyDelete
  43. Gigi ane maju ke depan nih .. Kira kira butuh berapa lama ya memasang kawat gigi..??

    ReplyDelete
  44. Tipe kawat gigi apa yg harus di pasang ..?? Harganya juga berapa..??

    Jika ada yg tau tolong jawab..
    Di gmail iroymzmouridinz89@gmail.com
    Atau facebook Iroymz Arpour

    ReplyDelete