Menjaga Kebersihan Kawat Gigi Itu Sangat Penting (Dapat Memperpanjang Umur!)

Bagi mereka yang sedang menjalani perawatan orthodonti alias sedang make behel/kawat gigi, pasti perkara membersihkan gigi cukup menjadi momok karena gigi berkawat itu cenderung cepat kotor.

Memang sih setiap 3 minggu atau 1 bulan sekali kita kontrol kan ada juga yang namanya pembersihan gigi, dengan catatan itu juga kalo dokter dan asistennya rajin lho ya (biasanya dokter ortho di kota besar) kalo di kota-kota kecil percaya ato engga tiap kali kontrol gigi ga pernah tuh dibersihin sama dokternya, bener-bener cuma copot karet lalu pasang yang baru aja.

Namun meskipun dapet dokter yang rajin bersihin gigi kita ya kita sendiri juga kudu merhatiin kebersihan gigi sendiri donk ya, karena kan selama 1 bulan itu pasti sisa-sisa makanan yg tidak terjangkau sikat gigi biasa sudah mulai terkumpul dan lama-kelamaan bisa menjadi plak gigi lho teman-teman. Kalau saya pribadi sih sangat malu kalo pas kontrol tapi giginya kotor.

Jangan lupa, kebersihan gigi dan gusi itu juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung dan sistem saraf mu. Bahkan menurut acara dokumenter di National Geographic dengan judul The Numbers Game episode When Will You Die? disitu disebutkan kondisi gigi dan gusi yang terawat dengan baik dapat memperpanjang umur kita sampai dengan 6 tahun lho (secara statistik).

Lalu, bagaimana cara membersihkan sisa makanan yang bersembunyi dibalik kawat gigi itu? atau pertanyaan yang lebih tepat adalah jenis sikat gigi apa sih yang paling cocok digunakan untuk orang yang sedang menjalani perawatan merapihkan gigi?

Untuk menjawab itu semua silahkan baca post yang satu ini tentang Jenis Sikat Gigi Untuk Pengguna Behel/Braces Gigi.

No comments:

Post a Comment